Senin, 24 Juli 2017

 Gerak Nasti
Nasti adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar,tetapi arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Berdasarkan jenis rangsangannya gerak nasti dibedakan menjadi niktinasti, fotonasti, dan tigmonasti atau seismonasti.
Image result for gerak nasti
https://www.google.co.id/search?q=gerak+nasti&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiJ4cSGjpfVAhXIQpQKHegQB-EQ_AUICigB&biw=1600&bih=794#imgrc=xDvJQQBP2DfUAM:
a). Gerak Niktinasi
Niktinasti adalah gerak nasti tumbuhan akibat rangsangan dari lingkungan yang terjadi pada malam hari. Contoh Menguncupnya daun tumbuhan Leguminosae (kacang-kacangan) menjelang petang akibat perubahan tekanan turgor pada tangkai daun.
b). Gerak Fotonasti
Fotonasti adalah gerak nasti tumbuhan akibat rangsangan cahaya. Contoh mekarnya bunga pukul 4 (Mirabilis jalapa) pada sore hari.
c). Gerak Seismonasti
Seismonasti atau tigmonasti adalah dipengaruhi oleh getaran atau sentuhan. Contoh menutupnya putri malu (Mimosa pudica) saat disentuh.
d). Gerak Termonasti
Termonasti adalah rangsangan yang berupa suhu. Contoh bunga tulip  mekar di musim semi karena lebih suhu udara lebih hangat.
e). Gerak Nasti Kompleks
Nasti kompleks adalah rangsangan yang diterima lebih dari satu macam. Contoh gerak tumbuhan seperti gerakan membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh kadar air, cahaya, suhu, dan zat kimia (protein dan gula).

sumber: https://erlynadwi18.wordpress.com/2015/04/08/gerak-pada-makhluk-hidup-dan-benda/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © valocean.blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -