Rabu, 06 September 2017

FUNGSI SISTEM RANGKA MANUSIA


Struktur

Seperti kerangka baja bangunan, tulang memberikan kekakuan, yang memberikan bentuk tubuh dan mendukung berat otot dan organ. Tanpa struktur ini tubuh akan runtuh ke dalam dirinya sendiri, menekan paru-paru, jantung dan organ lainnya – merusak fungsi mereka.
Beberapa makhluk tidak memiliki kerangka internal sebaliknya mereka memiliki cangkang eksternal (atau eksoskeleton) dengan otot yang melekat pada interior. Struktur kaku dari sistem kerangka juga memungkinkan untuk melakukan fungsi lain, yakni gerakan.

Gerakan

Ada tiga sistem utama yang terlibat dalam mekanisme gerakan: sistem saraf, sistem otot dan sistem kerangka. Sistem saraf mengirimkan impuls listrik yang mengaktifkan otot-otot, sistem kerangka memberikan tuas dan jangkar untuk otot untuk menarik melawan. Semua otot rangka memiliki titik asal dan penyisipan. Titik asal adalah jangkar, tulang yang masih bergerak sementara otot bekerja. Titik penyisipan adalah tulang yang bergerak sebagai kerja otot. Jadi, misalnya, dalam kasus bisep, lengan atas dan bahu adalah asal (anchor) dan tulang lengan bawah penyisipan. Menariknya, jumlah daya kebutuhan otot secara langsung berhubungan dengan panjang tulang (atau tuas) dan di mana ia menempel. Ini berarti bahwa orang pendek benar-benar menggunakan energi lebih sedikit untuk bergerak daripada orang yang lebih tinggi karena mereka memiliki tulang pendek, dan titik perlekatan lebih dekat ke titik asal.

Perlindungan

Contoh paling jelas dari sifat pelindung dari sistem kerangka adalah tengkorak manusia. Vertebra dan tulang rusuk juga memiliki fungsi pelindung dengan membungkus struktur halus seperti sumsum tulang belakang, jantung dan paru-paru. Rusuk sangkar tidak hanya mengelilingi organ respirasi, tetapi juga sangat fleksibel dan dibangun untuk memperluas dan mengkerut dengan setiap napas. Tulang tengkorak sebenarnya beberapa piring datar bergabung bersama oleh jahitan. Jahitan ini memungkinkan tengkorak melewati jalan lahir dan berkembang bersama otak yang terus berkembang. Jahitan menyatu bersama pada anak usia dini, membentuk bentuk klasik tengkorak. Vertebra semuanya memiliki bentuk tulang tidak teratur yang memberikan perlindungan dan fleksibilitas untuk gerakan. Ada juga piring berserat antara setiap tulang belakang, yang memberikan penyerapan kejutan.

Produksi Sel Darah

Sel darah merah dan putih dibuat di sumsum tulang merah. Saat lahir, dan pada anak usia dini, semua sumsum tulang adalah merah. Saat seseorang bertambah usia, sekitar setengah dari sumsum tubuh berubah menjadi sumsum kuning – yang terdiri dari sel-sel lemak. Pada manusia dewasa, mayoritas tulang panjang mengandung sumsum kuning, dan sumsum merah hanya ditemukan dalam tulang pipih pinggul, tengkorak dan tulang belikat, tulang belakang, dan di ujung tulang panjang. Namun, saat kehilangan darah yang parah, tubuh dapat mengkonversi beberapa sumsum kuning kembali ke sumsum merah untuk meningkatkan produksi sel darah.
Sumber;
http://usaha321.net/apakah-fungsi-sistem-rangka-manusia.html
https://www.youtube.com/watch?v=uFEC_hvsHws

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © valocean.blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -